Kamis, 22 Agustus 2013

GUSARI , Gula kristal sehat Jambusari


               Gula Kelapa Kristal adalah bentuk lain dari gula kelapa koin yang dicetak.Gula kelapa Kristal berbentuk seperti gula pasir atau bubuk gula. Desa Jambusari kec. Jerulklegi merupakan salah satu desa penghasil gula Kristal alami. Gula ini hanya bisa dibuat dengan nira (badeg) super atau yang terbaik. Jika tidak, maka tidak akan dapat dikristalkan.



Proses pembuatan gula ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan gula koin. Hanya saja setelah gula matang, gula tersebut akan terus diaduk hingga kering dan berbentuk seperti bubuk. Setelah itu diayak  sehingga benar—benar berbentuk serbuk. Proses terakhir, gula di oven agar benar—benar kering.

          Banyak keunggulan dari gula kelapa Kristal Jambusari (GUSARI) ini, diantaranya, gula Kristal lebih awet karena dalam keadaan kering, lebih praktis karena bisa langsung dituangkan, menggunakan nira yang dijamin alami sehingga lebih sehat dan tidak menyebabkan diabetes, nira yang digunakan juga merupakan nira terbaik.
Selain untuk masakan, gula ini juga praktis digunakan untuk menyeduh minuman dan tentu rasanya lebih enak.
GUSARI dikembangkan oleh kelompok para penderes Desa Jambusari dan dikhususkan hanya menggunakan bahan alami seperti tatal nangka, gamping dan kulit manggis TANPA MENGGUNAKAN SULFIT ATAU OBAT .
Gula ini terjamin kesehatannya dan sangat baik untuk dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar