Selasa, 27 Agustus 2013

DIVERSIFIKASI NIRA (Pembuatan Jelly Drink dari Nira alami)



Nira selain diolah untuk bahan baku pembuatan gula kelapa, bisa juga diolah untuk hal yang lain, misalnya seperti jelly drink . Waw..jelly drink??? Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata jelly drink, namun bagaimana jika jelly drink tersebut terbuat dari nira??

Selain rasanya yang segar, jelly drink ini juga sangat baik untuk pencernaan, dalam pembuatan jelly drink dari nira kita bisa menambahkan rasa sesuai dengan selera kita sendiri, kita bisa menambahkan jahe atau kayu manis sehingga jelly drink tersebut bisa mengandung khasiat bagi kesehatan.
Nah, di Desa Jambusari ini, ada sekumpulan Ibu - ibu PKK Binaan dari KKN PPM TEMATIK UNSOED yang mencoba membuat produksi jelly drink dari Nira. 
JENK NIRA , yah itu dia brand  yang digunakan. 


Cara membuat Jenk Nira
(Jelly drink Nira)


1. Masukan 1 liter nira kedalam wajan, setelah itu masak hingga setengah matang dan warnanya berubah menjadi kecoklatan.
2. Aduk nira yang berwarna coklat tersebut sampai mengental, lalu masukan nutrijell plant (agar tanpa rasa) sebanyak setengah sendok the, dan masukkan ekstrak jahe kurang  lebih atau ekstrak kayu manis .
3. Aduk kembali nira sampai agar dan ektstrak tersebut bersatu dengan nira.
4. Apabila sudah terlihat mengental, matikan api dan masukkan nira tersebut kedalam wadah jelly.
5. Masukkan kedalam kulkas  supaya nira semakin segar untuk disantap.
6. Jelly drink nira pun siap untuk dinikmati.

Ket: Jahe bisa diganti dengan kayu manis sesuai selera





Tidak ada komentar:

Posting Komentar